Business

Klik untuk memesan Web Hosting dengan jaringan terbaik dan tercepat saat ini

Sejarah Asal Usul Gelar Amalesi

Sejarah Asal Usul Gelar Amalesi
Berdasarkan sejarah para Kapitan dimasa lampau yang dituturkan secara turun temurun kepada generasi penerus, dimana pada tahun sekitaran tahun 1625, semua Kapitan-Kapitan yang berasal dari Pulau Seram bersatu dan mengadakan sayembara besar untuk memilih bakal calon pemimpin yang akan memimpin mereka dalam perang menjatuhkan pengaruh Kerajaan Ternate dan Tidore di Pulau Seram yang dikenal dengan nama Perang Hoamual. Sayembara tersebut diikuti oleh semua Kapitan-Kapitan yang berasal dari berbagai penjuru Pulau Seram yang terkenal memiliki kekuatan Manamagis (Supranatural) yang tinggi untuk saling beradu kemampuan.

Adapun sayembara ini dapat dilakukan lantaran seorang Kapitan yang memiliki inisiatif dan berhasil mengumpulkan para Kapitan dari semua Negeri yang ada di berbagi penjuru Pulau Seram yang kemudian diberi gelar AMALOHI yang berasal dari dua suku kata dalam Bahasa Alune yaitu :

1. AMA yang berarti Bapa
2. LOHI yang berarti Kumpul

Yang jika diartikan secara etimologis AMALOHI memiliki arti atau makna Bapa yang Mengumpulkan.

Dimana, inti dari sayembara tersebut adalah memenggal sepotong kepala menjadi lebih dari 4 potongan dalam dua kali potong. Dan bagi yang tidak berhasil maka kepalanya akan diambil sebagai gantinya untuk dipotong. Sayembara tersebut kemudian berakhir dengan keberhasilan Seorang Kapitan dari Negeri Tihulale yang berhasil memenggal potongan kepala tersebut menjadi 99 bagian lebih yang kemudian diberi gelar AMALESI yang berasal dari dua suku kata dalam Bahasa Alune yaitu :

1. AMA yang berarti Bapa
2. LESI yang berarti Lebih

Yang jika diartikan secara etimologis AMALESI memiliki arti atau makna Bapa yang Melebihi atau memiliki kelebihan.

Pemberian Gelar AMALESI ini dikarenakan kemampuannya melebihi semua Kapitan yang ada dan kemudian diangkat sebagai pemimpin perang sekaligus Bapa Kapitan (Dalam Kapata) pada Perang Hoamual yang berhasil mengalahkan serta menggulingkan pengaruh kerajaan Ternate dan Tidore di Pulau Seram. Kata AMALESI begitu terkenal dan mendarah daging bagi anak cucu Negeri TIHULALE, bahkan bukan saja terkenal dalam Perang Huamual, namun dalam Perang Alaka, Perang Banda pun anak cucu AMALESI turut memberikan kopntribusi serta bala bantuan.

Post a Comment

0 Comments