Batu Seram, Batu Akik Asal Pulau Seram, Maluku


Batu Seram, Batu Akik Asal Pulau Seram, Maluku
Batu Seram, Batu Akik Asal Pulau Seram, Maluku. Minat dan daya tarik terhadap Batu Akik memang tidak akan pernah habis. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya orang yang rela menghabiskan uang mereka hanya untuk dapat memiliki Batu Akik. Seperti yang terjadi di Pulau Bacan, Wilayah Maluku beberapa tahun belakangan ini. Sebagai salah satu penghasil Batu Akik, Pulau yang terletak di Provinsi Maluku Utara ini mendatangkan begitu banyak wisatawan baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Batu Seram, Batu Akik Asal Pulau Seram, Maluku

Begitu juga dengan batu akik jenis baru yang sekarang sedang ramai diburu dipasaran batu akik kota Ambon, yaitu Batu Seram yang ditemukan di Pulau Seram, Provinsi Maluku. Batu Seram ini memiliki jenis yang sangat beragam, bila membandingkan kualitasnya, dari segi tingkat kekristalan maupun kekerasan batu (skala mohs), Batu Seram bahkan melebihi batu bacan. Kandungan mineral dan warna serta motif Batu Seram juga sangat memukau, para pecinta batu akik mulai beramai-ramai memburu batu ini.

Batu Seram, Batu Akik Asal Pulau Seram, Maluku
Batu Seram, Blue Opal Bongkahan

Beberapa jenis dari Batu Seram ini memiliki ciri yang sangat mirip dengan tampilan batu bacan doko yang memiliki warna hijau mirip seperti permen relaxa. Beberapa jenis Batu Seram lainnya juga mengandalkan motif, ada yang memiliki motif kayu, ada juga yang memiliki motif koral dan teratai serta loreng macan, semuanya akan terlihat sangat indah ketika sudah diolah menjadi cincin, liontin maupun bentuk perhiasan lainnya.

Batu Seram Masuk Kategori Batu Mulia Bernilai Tinggi

Selain itu, Batu Seram dinilai memiliki daya tarik lebih besar hingga termasuk dalam kategori Batu Mulia Bernilai Tinggi. Di Kota Ambon sendiri, Batu Seram kini mulai membanjiri pasar, seperti Pasar Mardika salah satunya. Banyak Kolektor yang mengincarnya, baik para kolektor lokal maupun kolektor dari luar Maluku hingga mancanegara walaupun harganya memang cukup mahal. Batu Seram bahkan menjadi souvenir Pemerintah Provinsi Maluku yang diberikan kepada 34 perwakilan provinsi dalam Rakernas Asosiasi Pemerintah Provinsi seluruh Indonesia (APPSI) lalu.

Batu Seram, Batu Akik Asal Pulau Seram, Maluku
Batu Seram, Panca Warna

Khasiat Batu Seram

Baik dari tampilannya, kegunaannya, hingga khasiat mistis yang dipercaya terdapat didalamnya menjadikan Batu Seram sangat berharga. Adapun khasiat mistis yang terkandung dalam Batu Seram yaitu dipercaya adalah sebagai jimat, mendatangkan keberuntungan (hoki), penangkal racun, penolak bala bencana, mengusir hawa negatif atau serangan ilmu hitam, meningkatkan kesehatan, mendatangkan kebahagiaan rumah tangga, menghindarkan musuh dan lain-lainnya.

Batu Seram, Batu Akik Asal Pulau Seram, Maluku
Batu Seram, Green Opal Bongkahan

Jenis-Jenis Batu Seram

Batu Seram terdiri dari empat jenis yaitu sebagai berikut   :

1. Green Opal
2. Marmer
3. Blue Opal
4. Rijang

Berbagai Varian Batu Seram

Berikut ini adalah berbagai varian dari Batu Seram yang berasal dari Pulau Seram, dimulai dari yang paling langka dan mahal serta yang paling terkenal di dunia bahkan yang tertua serta memiliki sejarah dalam Alkitab maupun Hadits.

1. Batu Seram, Red Carnelian, Sangat Mahal Dan Langka

Selain itu ada juga Batu Seram Red Carnelian. Jenis Batu Seram ini termasuk batu yang paling langka untuk saat ini. Batu Carnelian salah satu batu permata tertua, dengan catatan sejarah lebih dari 4000 tahun yang lalu. Batu ini sangat berharga dan dipakai oleh banyak orang-mulia pada zaman kuno. Menurut Alkitab, Batu Carnelian adalah salah satu dari dua belas batu permata yang dikenakan pada dada Aaron, saudara Musa, seorang nabi dan imam besar pertama dari Israel. Selain itu. Batu Carnelian juga memainkan peranan penting dalam Yunani kuno, Romawi, dan budaya Babylonia. Bahkan, batu ini populer dipakai cincin kebesaran, dan segel.

Batu Seram, Batu Akik Asal Pulau Seram, Maluku
Batu Seram, Red Carnelian

Warna batu Carnelian berkisar dari oranye kekuningan sampai oranye dan dari merah tua sampai merah kecoklatan. Lokasi tambang terbesar untuk batu Red Carnelian ini terdapat Brazil, Uruguay, India, Madagaskar dan Amerika. Sedangkan di Indonesia, lokasi tambangnya kita bisa dapatkan di dua tempat, yakni Banyumas dan di Pulau Seram, Maluku tepatnya di Negeri Luhu, Kabupaten Seram Bagian Barat. Namun karena permintaan pasar batu akik yang cukup besar dan tidak sebanding dengan besarnya lokasi tambang, sehingga Red Carnelian ini sangat langka dan juga sangat mahal.

Warna khasnya berasal dari jejak besi, dan warnanya bisa ditingkatkan jika dipanaskan. Warna merah tua dan oranye kemerahan adalah yang paling diminati saat ini dengan tingkat kekerasan berada pada 6-7 skala mohs. Kekristalan Batu Carnelian tidak melalui proses treatment apapun, tetapi warnanya bisa ditingkatkan melalui pemanasan. Akhir-akhir ini, batu Carnelian yang Natural menjadi sangat langka. kebanyakan batu Carnelian yang beredar saat ini sebenarnya adalah Batu Agate yang telah melalui proses treatment Dyed (menambahkan bahan pewarna ke dalam pori-pori atau retakan-retakannya untuk mengubah atau memperkuat warnanya-red) dan treatmen untuk mengubah kualitas warna.

2. Batu Seram, Red Garnet, Batu Mulia

Batu Seram, Batu Akik Asal Pulau Seram, Maluku
Batu Seram, Red Garnet (Saat Dikenai Cahaya)

Selain Red Carnelian, ada juga Red Garnet yaitu batu permata yang sangat populer dan merupakan batu permata paling terkenal. Adapun ciri-ciri Batu Seram,  Red Garnet ini adalah berwarna hitam ke merah-merahan, namun jika di lihat dengan cahaya maka terpancar warna merah tua pekat. Pada Batu Seram Red Garnet ini hanya terdapat bintik-bintik hitam kecil dan seratnya terlihat berawan saat dikenai cahaya.

Batu Seram, Batu Akik Asal Pulau Seram, Maluku
Batu Seram, Red Garnet (Tanpa Dikenai Cahaya)

Selain itu, berdasarkan Hadits yang diriwayatkan oleh anas bin malik” Cincin Rasulullah terbuat dari perak dan batu cincinnya merupakan batu habasya (Afrika). (HR. Muslim dan Tirmizi). Batu tersebut merupakan pemberian raja habasya kala itu.

3. Batu Seram, Blue Opal

Batu Seram, Batu Akik Asal Pulau Seram, Maluku
Batu Seram, Blue Opal

Batu Seram, Blue Opal ini memiliki warna biru yang cerah dan menarik. Batu Seram jenis ini sering diburu oleh wisatawan lokal maupun mancanegara karena warnanya yang khas dan sejuk. Seperti yang anda lihat pada gambar diatas, Batu Seram yang telah diolah dalam bentuk cincin ini sangat memukau.

4. Batu Seram, Green Opal

Batu Seram, Batu Akik Asal Pulau Seram, Maluku
Batu Seram, Green Opal

Batu Seram, Green Opal ini memiliki warna seperti tetesan embun diatas daun hijau, selain menarik Batu Seram jenis ini cenderung lebih disukai karena warnanya yang tergolong natural dan memancarkan kesan alam. Ketika dikenai cahaya, Batu Seram jenis ini akan memancarkan warna yang lebih cerah.

5. Batu Seram, Yellow Opal

Batu Seram, Batu Akik Asal Pulau Seram, Maluku
Batu Seram, Yellow Opal

Berikutnya adalah Batu Seram, Yellow Opal yaitu Batu Seram dengan kualitas super yang natural. Batu Seram, Yellow Opal ini telah diuji dilaboratorium dan memiliki tingkat kekerasan 8 skala mohs, dan merupakan jenis batu yang masih langka, karena lokasi tambangnya yang masih terbatas. Sehingga tak heran jika batu ini mempunyai harga yang tinggi di banding Batu Bacan, untuk kualitas super yang masih dalam bentuk bongkahan, berkisar antara 3 juta perkilogram, sementara yang telah diolah menjadi cincin, harganya bisa menembus 10 hingga 15 jutaan rupiah.

6. Batu Seram, Panca Warna

Batu Seram, Batu Akik Asal Pulau Seram, Maluku
Batu Seram, Panca Warna

Batu Seram, Panca Warna memiliki warna yang termasuk paling menarik jika dibandingkan dengan beberapa varian batu Seram lainnya. Batu Seram, Panca Warna memancarkan berbagai warna yang menarik seperti yang anda lihat pada gambar diatas.

7. Batu Seram, Karang Lumut

Batu Seram, Karang Lumut

Batu Seram, Karang Lumut juga termasuk salah satu Batu Seram yang paling langka. Warnanya yang menarik serta perpaduan material batunya menjadi pilihan yang memiliki daya tarik tersendiri bagi pemiliknya. Batu Seram, Karang Lumut ini cukup sulit ditemukan dan jumlahnya masih sangat minim.

Selain daripada varian-varian Batu Seram diatas, masih banyak juga varian Batu Seram lainnya yang ditemukan namun masih kesulitan untuk mendapatkan gambarnya karena belum dieksplorasi lebih jauh oleh petambang maupun pemiliknya.

Kelebihan Batu Seram

Batu Seram, Batu Akik Asal Pulau Seram, Maluku
Batu Seram Dalam Bentuk Bongkahan

Adapun kelebihan dari Batu Seram yang tidak dimiliki oleh berbagai batu akik lainnya yang terdapat di seluruh penjuru bumi ini adalah ada pada kekristalan yang terjadi secara alami, sehingga tanpa melakukan treatment sekalipun Batu Seram tetap bening, mengkilap dan tanpa kapur. Menurut Kepala Dinas Energi dan Suber Daya Mineral (ESDM) Maluku, Martha Nanlohy, batu akik Pulau Seram sebenarnya dikategorikan sebagai akik setengah permata. Batu ini mengalami proses pengkristalan yang belum sempurna, butuh fase alami hingga menjadi benar-benar permata.

Nah, setelah melihat dan membaca uraian-uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa Batu Seram ini memang memiliki keindahan yang luar biasa yang tidak bisa dipungkiri. Oleh karena itu, anda tidak akan rugi jika memiliki Batu Seram, baik untuk pemakaian pribadi maupun sebagai pemberian berharga serta oleh-oleh kepada orang lain. Demikian artikel mengenai Batu Seram, Batu Akik Asal Pulau Seram, Maluku. Semoga artikel mengenai Batu Seram, Batu Akik Asal Pulau Seram, Maluku dapat menambah wawasan anda dan bermanfaat bagi anda.



Daftarkan email anda disini untuk menerima update artikel terbaru langsung di inboxmu. Gratis!

DMCA.com Protection Status