Pantai Bobale, Pulau Bobale


Pantai Bobale, Pulau Bobale
Pantai Bobale, Pulau Bobale. Wilayah Maluku memang tak akan pernah terlepas dari keindahan, terutama Pantai. Di wilayah Maluku terdapat berbagai macam Pantai yang Indah. Seperti diantaranya, Pantai Bobale yaitu salah satu Objek Wisata yang berada di Pulau Bobale, Wilayah Kao, Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara. Pulau Bobale adalah sebuah pulau kecil berpenghuni yang terletak hanya beberapa menit di depan desa Daru. Jauh sebelumnya, Pantai Bobale dengan hamparan pasir putih halus dan gradasi warna laut yang menawan.

Pantai Bobale, Pulau Bobale

Pulau Bobale terletak di sebelah timur desa Daru. Desa Daru di wilayah Kao (±57 Km selatan Tobelo) merupakan akses masuk ke Pulau Bobale. Dari pelabuhan Daru, Pulau Bobale dapat ditempuh hanya sekitar ±20 menit dengan menggunakan perahu ketinting dengan harga yang terjangkau. Pulau Bobale memiliki pantai dengan pasir putih dan bersih. Perairan yang ada di sekitar pantai berwarna biru kehijauan dengan air yang sebening kaca. Kawasan hutan yang masih alami, yang ditumbuhi berbagai macam tumbuhan dan pepohonan, menjadikan suasana pantai ini sangat sejuk di tengah terik matahari. Arus air di pantai ini juga sangat tenang, sehingga aman untuk berenang, snorkeling, dan diving. Maka tak heran jika para wisatawan betah berlama-lama berada di Pulau Bobale. Suasana pantainya saja sudah begitu menarik, apalagi bawah lautnya, pasti lebih menarik. 

Pantai Bobale, Pulau Bobale
Pantai Bobale

Anda dapat melakukan penyelaman untuk melihat aktivitas yang ada di alam bawah laut Pulau bobale ini. Tidak perlu menyelam terlalu dalam, karena pada kedalaman 2 hingga 10 meter anda sudah dapat melihat berbagai macam terumbu karang yang berwarna warni, melenggak-lenggok dengan hiasan ikan-ikan kecil yang berenang diantara terumbu karang tersebut. Sungguh merupakan surga taman bawah laut. Ada lebih dari tiga titik penyelaman yang ada di Pulau Bobale ini, sehingga anda bisa dengan leluasa memilih lokasi mana saja yang pantas untuk anda selami, atau anda juga dapat mengunjungi semua titik penyelaman yang ada, karena setiap titik memiliki jenis terumbu karang dan hewan laut yang berbeda-beda.

Pantai Bobale, Pulau Bobale
Pantai Bobale

Pulau Bobale juga terkenal sebagai penghasil mutiara. Selain itu, juga terdapat pengrajin yang telah bertahun-tahun mengembangkan kerajinan cangkang mutiara. Ngoco adalah sebutan untuk Cangkang Mutiara. Dari rumah mutiara inilah berbagai bandul kalung dan anting dibuat. Cangkang ini didapat oleh pengrajin dengan memesan dari anak-anak muda di sekitar desanya, yang biasa menyelam untuk mengambil mutiara-mutiara di dasar laut sekitar Pulau Bobale hingga kedalamannya 10-40 meter dari permukaan laut.

Peninggalan Jepang Semasa Perang Dunia II

Di pulau Bobale juga terdapat sisa-sisa peninggalan Jepang semasa Perang Dunia II. Bunker 3 ruangan berukuran sedang yang terletak di tebing pantai dapat anda kunjungi pada saat arus laut tenang.

Bunker Peninggalan Jepang Di Pulau Bobale
Bunker Peninggalan Jepang

Bunker Peninggalan Jepang Di Pulau Bobale
Bunker Peninggalan Jepang

Pantai Bobale, Pulau Bobale
Bunker Peninggalan Jepang

Setelah melihat-lihat gambar diatas, tentu anda akan mengatakan kalau Pantai Bobale yang terletak di Pulau Bobale ini sangat menarik untuk dikunjungi.



Daftarkan email anda disini untuk menerima update artikel terbaru langsung di inboxmu. Gratis!

DMCA.com Protection Status