Air Belanda, Seram Utara


Air Belanda, Seram Utara
Air Belanda, Seram Utara. Sekilas akan terdengar asing, namun tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi. Untuk menuju Air Belanda, anda dapat berangkat melalui Negeri Sawai dengan menggunakan perahu motor dengan perjalanan kurang lebih sekitar 15-20 menit saja karena jaraknya yang cukup dekat. Air Belanda tidak dapat dicapai melalui perjalanan darat karena berada di bagian pesisir yang dikelilingi hutan serta tebing-tebing berbatu. Air Belanda memiliki pasir berwarna putih yang berkilauan dan menawan.

Air Belanda, Seram Utara

Keindahan Air Belanda tidak hanya terlihat dari warna air yang jernih dan pasir yang berwarna putih karena air yang jernih ini juga begitu menyegarkan serta pasir putihnya sangat lembut. Awalnya Air Belanda ini adalah hutan lebat yang wilayahnya langsung tersambung dengan deretan tebing pegunungan pulau Seram. Dari dalam hutan tersebut mengalirlah sebuah sungai yang membelah pantai kecil ini menjadi dua bagian. Air sungai tawar inilah yang menjadi nama tempat ini, Air Belanda.

Air Belanda, Seram Utara

Air Belanda, sesuai dengan namanya tentu tempat ini memiliki kisah yang berhubungan dengan bangsa Belanda. Konon pada masa dimana Belanda menguasai wilayah Maluku, mata air dan sungai ini ditemukan oleh para serdadu Belanda. Mereka seringkali menggunakan tempat ini sebagai tempat untuk mandi dan melepas lelah. Air sungai yang berasal dari sebuah mata air tawar di tepian pantai ini memang sangat menyegarkan. Bahkan, air sungai ini aman untuk diminum karena murni langsung dari sumbernya dan tidak terkontaminasi dengan apapun. Inilah alasan mengapa para serdadu Belanda di masa lampau sangat menyukai mata air ini.

Air Belanda, Seram Utara

Satu hal yang menarik di tempat ini adalah air asin dari lautan dapat berbaur dengan air tawar dari aliran sungai. Ada suatu titik dimana keduanya bercampur dan memunculkan fenomena unik yang tidak banyak ditemui di wilayah pesisir. Tidak hanya dari rasa tawar dan asin, suhu air laut yang hangat dan air sungai yang dingin pun bercampur pada satu titik dan menghasilkan paduan yang begitu unik. Tak jauh dari lokasi Air Belanda, terdapat sebuah warung milik warga setempat yang dapat digunakan untuk membeli air minum bila nantinya anda berkunjung kesini.

Air Belanda, Seram Utara



Daftarkan email anda disini untuk menerima update artikel terbaru langsung di inboxmu. Gratis!

DMCA.com Protection Status