Situs Dan Peninggalan Sejarah Negeri Tihulale


Situs Dan Peninggalan Sejarah Negeri Tihulale. Setiap Negeri Adat tentunya memiliki bukti situs (tempat) dan peninggalan sejarahnya masing-masing yang masih dapat dapat kita temukan sebagai tonggak sejarah peradabannya. Adapun situs dan peninggalan sejarah di Negeri Tihulale yang masih dapat kita temukan sampai sekarang.

1. Batu Meja Salawane (Upu Ase Upu Rumah Sitanamah)


Situs Dan Peninggalan Sejarah Negeri Tihulale

Batu Meja ini terletak di Haruaman (Aman Harur) Negeri Lama Tihulale. Batu ini mengingatkan pembentukan Negeri Tihulale yang pertama dibawah pimpinan Raja Coeripati dan ke 11 Kapitannya. Kondisinya masih baik dan masih tetap dijaga hanya saja waktu pengambilan foto belum sempat dibersihkan. Merupakan batu keramat Mata Rumah Salawane di Tihulale.

2. Batu Tualena (Upu Niai Upu Rumah Niniari)


Situs Dan Peninggalan Sejarah Negeri Tihulale

Batu ini terletak di Haruaman (Aman Harur) Negeri Lama Tihulale. Batu ini mengingatkan kedatangan Kapitan Tualena beserta keluarganya yang terpisah dari ketujuh saudaranya dan tiba di Negeri Tihulale dengan Kole-Kolenya. Kondisinya batu kurang terurus, seiring bertambahnya waktu dan gempa bumi menyebabkan batu jatuh dan mulai tertutup tanah sehingga hanya terlihat tiang-tiang penyangganya yang juga mulai miring. Merupakan batu keramat Mata Rumah Tualena di Tihulale. Perlu adanya perhatian khusus dari Mata Rumah Tualena terhadap batu ini.

3. Batu Kuasahahai

Batu ini terletak di daerah Kuasahahai, sebelah barat Aman Harur. Batu ini merupakan simbol penyembahan agama asli Pulau Seram yaitu Kakehan. Diatas batu inilah dilakukan Ritual adat keagamaan Kakehan seperti penyembahan kepada Upu Hatala dan Nitu Elake dengan mempergunakan sesembahan berupa potongan kepala.

4. Batu Lama Seith

Situs Dan Peninggalan Sejarah Negeri Tihulale

Batu ini terletak di petuanan Negeri Lama Seith Di Tihulale, menandakan adanya kehidupan warga Negeri Seith yang turun dari Nunusaku dan karena terlibat perang dengan Kapitan Harur lalu menyeberang menuju Jazirah Leihitu. Batu ini lokasinya cukup jauh, namun masih lumayan terjaga kondisinya.



Daftarkan email anda disini untuk menerima update artikel terbaru langsung di inboxmu. Gratis!

DMCA.com Protection Status